Industri game di Indonesia
menghasilkan revenue hingga 190 juta dolar AS sepanjang 2013 ini dengan tingkat
pertumbuhan 35 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan besarnya
peluang bisnis dalam industri tersebut di Tanah Air. Bisnis game online di dalam negeri masih besar,
disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas enam persen dari tahun ke
tahun. selain data revenue dari industri game, sampai saat ini ada lebih dari 25 juta pemain game online di
Indonesia. Sekitar 70 persen hingga 80 persen pengguna game
online masih bermain menggunakan PC. Sedangkan untuk mobile 20 persen. Untuk
pasar mobile, ada sekitar 4 juta pelanggan yang pernah bermain game online
melalui ponsel dengan kontribusi revenue 5 persen dari total pendapatan value
added services (VAS). Game Online pertama kali muncul di Indonesia pada 2001,
dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game Online yang beredar di Indonesia
sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG
(role-playing game). Pada saat itu, tercatat lebih dari 20 judul Game Online yang
beredar di Indonesia yang sekaligus menandakan betapa besarnya antuiasme para
Gamers di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar game di Tanah Air. Jumlah pemain game online di Indonesia meningkat
antara 5 persen dan 10 persen setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya
infrastruktur internet. industri game di Indonesia
sangat marak dan kompetitif, dengan pasar potensial yang sangat besar karena
ditunjang minat dan antusiasme masyarakat yang semakin tinggi. Saat ini game sudah menjadi sebuah lifestyle bagi
masyarakat Indonesia. Bahkan, dalam beberapa tahun ke depan, bisnis game di
Indonesia, baik game online berbasis PC ataupun mobile, diprediksi akan terus
berkembang seiring dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet yang
didukung pula oleh besarnya jumlah penduduk Indonesia. kita berharap industri game dapat memperoleh perhatian
dan dukungan positif dari pemerintah, karena industri game dinilainya sangat
potensial memberikan kontribusi bagi perekonomian negara. kita contohkan di Korea Selatan, game sudah menjadi
industri pilar perekonomian baru dan mampu membuka pasar luar negeri pada
tingkat pertumbuhan tahunan 50 persen dari keseluruhan volume ekspor Korea
Selatan. dengan demikian Indonesia pun bisa mengoptimalkan potensi
industri game untuk menjadi salah satu pilar perekonomian negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar