Sejarah game online inilah perjalanan sejarah game online
permainan daring dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang
dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun
1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato,
diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa
pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang
diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru,
yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer
games).
Permainan daring benar-benar mengalami perkembangan setelah
tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan,
membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri
perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai
tumbuh dan menjadikan permainan daring semakin berkembang hingga hari ini.
Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan
komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), sebagai
medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari
perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem
yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring
lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre
permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan
pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770).
Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai
permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik
kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain
sekaligus.
Dalam permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan
client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client,
sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Permainan daring bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas
sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali
menciptakan komunitas maya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar