Rabu, 16 April 2014

Evolusi Perkembangan Game PlayStation (Part 1)

Aplikasi Komputer Grafis adalah sebuah atau sekumpulan program yang digunakan untuk memanipulasi citra & visual pada komputer. Kini aplikasi komputer grafis telah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contohnya kami akan membahas aplikasi komputer grafis pada games
Playstation merupakan sebuah game console yang menggunakan grafis dari era 32 bit. Awalnya playstation diluncurkan oleh Sony pada sekitar tahun 1990. Setelah itu diluncurkan di jepang pada tanggal 3 desember 1994, Amerika Serikat pada tanggal 9 september 1995 dan di Eropa pada tanggal 29 September 1995. Playstation merupakan perintis games console karena yang pertama kali menggunakan CD untuk media penyimpanan. Hal ini dilakukan karena harga atau biaya media penyimpanan CD lebih murah. Biasanya playstation asal juga sering dikenal dengan sebutan PSX, karena kode nama dari produk tidak dikembangkan.


1. Playstation X atau One

Sony pertama kali menciptakan permainan console pertama yang beri nama Playstation X. Namun tak lama kemudian Sony pun merancang ulang dan memproduksi console yang lebih baru dan diberi nama Playstation One. Playstation jenis ini memiliki memory yang terdiri dari :
RAM utama : 2 Megabita (4Megabita untuk "Blue Console")
RAM Video : 1 Megabita
RAM Suara : 512 Kilobita
CD-Rom Buffer : 32 Kilobytes
ROM sistem operasi : 512 kilobita

PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 kilobytes didalam EEPROM. Playstation one ini menggunakan chip RISC R3000A kompatibel 32 bita (R3051 dengan kecepatan 33.8688 MHz. Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri dan Mesin Dekompresi Data. data cache 1 KB dan instruction cache 4KB. Playstation X umumnya berbentuk lebih besar daripada Playstation One. Playstation one berbentuk  lebih elegan dan lebih kecil dibandingkan dengan Playstation X. Di era awal ini, grafik pada playstation masih tergolong kurang bagus jika dibandingkan dengan teknologi masa kini. Umumnya, gambar dari Playstation X dan Playstation One masih terlihat kaku dan terlihat seperti film kartun. Dalam berbagai permainan di Playstation X dan Playstation one, pergerakan pemainnya juga masih terlalu kaku, terlihat saat user menggerakan pemain dalam game, rata-rata pemain dalam game hanya dapat bergerak ke kiri, kanan, atas dan bawah. Sebagai contoh, permainan yang umumnya banyak dimainkan oleh user dari Playstation X dan Playstation One adalah Winning Eleven, yang merupakan permainan sepak bola. Dalam permainan ini terlihat sangat jelas bahwa grafik dari PSX dan PS One masih sangat kaku, dan masih ada yang berbentuk kotak-kotak dari bagian tubuh pemain di dalam game. Warna di dalam permainan juga masih kurang detail dan tergolong hanya menggunakan beberapa warna dasar saja. Wajar saja jika grafik dari PSX dan PS One masih kurang bagus, karena ini adalah era pertama dimana Sony mengeluarkan Playstation.

2. Playstation 2

Playstation 2 merupakan game console video yang diciptakan oleh Sony. Playstation 2 ini pertama kali diluncurkan pada bulan April 1999.. Jenis memory yang digunakan adalah memory 332 MB direct rambus atau RDRAM dan bandwith memory 3,2 GB perdetik. Grafik penyelaras yang berkecepatan 147 MHz.
Pada zaman Playstation 2, Sony telah mulai mengembangkan grafik yang berbeda dengan PSX dan PS one. Hal ini dikarenakan media penyimpanan game sudah mulai menggunakan DVD, sedangkan pada PSX dan PS One masih menggunakan CD. Perkembangan grafik yang semakin bagus.Selain menggunakan memory card, PS 2 juga dapat menggunakan hardisk untuk menampung game dan data dari game.Perkembangan yang terdapat pada PS 2 terasa semakin meningkat. itu terlihat dari semakin bagusnya detail gambar pada setiap karakter, kombinasi-kombinasi warna. Hal itu dilakukan guna menciptakan gambar karakter agar tidak terlihat kaku( seperti yang terlihat pada PSX atau PS one).
Kemampuan karakter juga semakin bertabah, mereka mulai bisa bergerak serong dan berputar, tetapi terlihat tidak kaku seperti pada PSX dan PS One. Detail gambar dari setiap karkter juga semakin real, gambar yang kotak-kotak mulai tidak ada dan semakin terlihat halus. Jika dibandingkan dengan PSX dan PS One, PS 2 memiliki banyak fitur-fitur baru. Seperti pada contoh sebelumnya, pada game Winning Eleven, sekarang setiap gerakan pemain semakin detail, jika saat menggocek lawan di PSX dan PS One, gerakan pemain masih tergolong sangat kaku, tetapi pada PS 2 pergerakan pemain semakin luwes dan tidak terlihat kaku. Jika pemain melakukan operan dan tendangan juga tidak kaku seperti pada PSX dan PS One, yaitu bola melaju lurus ke gawang. Sedangkan pada PS 2, pergerakan bola bisa membelok.
Jika dilihat dari sisi warna, jika diperhatikan, warna lappangan dan stadion pada Winning Eleven di PSX dan PS one masih menggunakan warna yang sangat sedikit dan menggunakan banyak warna dasar. Sedangkan di PS 2, menggunakan kombinasi warna yang sangat sedikit dan menggunakan kombinasi warna yang semakin baik, sehingga tidak terlihat kaku seperti pada PSX dan PS One. Efek hujan di PS 2 juga lebih terlihat rapi sehingga tidak membuat mata menjadi sakit jika melihat gambarnya.

3. Playstation 3

Ini merupakan PlayStation generasi ketiga. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan kepada dunia pada tanggal 16 Mei 2005 di E3. PlayStation jenis ini menggunakan Cross Media Bar (XMB). XMB merupakan sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX. Playstation ini teleh dapat mengakses internet dari menu XMB.
Berikut beberapa kelebihan yang terdapat di dalam PS 3 dibandingkan PlayStation sebelumnya, yakni :
PlayStation 3 game konsol dilengkapi dengan sentral yang sangat kuat processing unit yang dapat dijalankan pada kecepatan 3,2 GHz, lebih cepat daripada beberapa computer .Menambah kecepatan pemrosesan RAM 512MB lain. Dengan kedua fitur baru, Anda dapat mengharapkan pengalaman permainan berkualitas tinggi.
Menambahkan ke kecepatan pemrosesan yang sangat kuat dan sangat tinggi adalah cara yang ampuh RAM chip grafis GeForce dari NVIDIA. NVIDIA GeForce ini dikenal sebagai prosesor grafis sangat kuat di mana ia mampu menciptakan detail halus dan menambah realisme ke permainan. Dengan mengintegrasikan negara-of-the-art teknologi grafis dari NVIDIA dan SCEI, anda dapat mengharapkan grafis berkualitas tinggi dikombinasikan dengan unit pengolahan pusat kuat.
PlayStation 3 juga dilengkapi dengan hard drive upgradeable. Dengan hard drive, Anda dapat menggunakan ini untuk menyimpan permainan dan juga menyimpan musik atau film. Dalam konfigurasi dasar, anda akan dilengkapi dengan 20GB hard drive. Namun, dengan premi konfigurasi, Anda PlayStation 3 akan dilengkapi dengan 60GB hard drive. Dengan ruang memori, Anda dapat menyimpan permainan secara efektif tanpa perlu khawatir kehabisan ruang disk.
Sony PlayStation 3 juga terintegrasi teknologi terbaru dalam media disc. Blu-ray disc drive adalah salah satu yang paling maju teknologi media disk yang tersedia saat ini. Dengan Blu-ray disc kemampuan menyimpan 5 kali lebih banyak data dibandingkan DVD biasa Anda, permainan pengembang akan mampu memberikan kualitas yang lebih tinggi permainan. Dengan menggunakan Blu-ray, maka sangat jelas jika grafik yang ditampilkan sangatlah berbeda dari PS 2. Di PS 3, grafik terlihat semakin nyata, sehingga semakin mirip dengan aslinya. Kelebihan dari Blu-ray sendiri sampai saat ini adalah, Blu-ray sulit untuk dibajak, sehingga seluruh pengguna PS 3 harus dan pasti membeli Disc game yang asli. Dan harganya sendiri cukup mahal.
5. Blu-ray disc drive mampu mendukung DVD, CD, dan SACDs. Karena ini, Anda akan dapat memutar film DVD dan CD audio dalam konsol game PlayStation 3.
PlayStation 3 game konsol juga akan memiliki fitur kompatibilitas ke belakang yang akan memungkinkan Anda untuk bermain lama Anda PlayStation dan PlayStation 2 permainan. Ini berarti bahwa investasi anda dengan permainan ini tidak akan sia-sia karena Anda masih dapat bermain dengan mereka dengan PlayStation 3. Ada banyak fitur yang dapat mengambil keuntungan dari di PlayStation 3, seperti kemampuan online dengan built-in Wi-Fi teknologi.

4. PlayStation Portable

PlayStation Portable (PSP) adalah sebuah konsol permainan genggam-tangan (handheld) yang dibuat oleh Sony Computer Entertainment. Awalnya konsol ini diumumkan dalam acara E3 2003, dan diluncurkan pada tanggal 11 Mei 2003 dalam sebuah konferensi pers Sony sebelum E3 2004 dimulai.
PSP merupakan semacam platform hiburan dan diposisikan untuk memainkan permainan video, film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunalan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanannya melainkan menggunakan cartridge ROM solid yang konvensional. Fitur jaringan PSP mendukung konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, PSP lainnya, dan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar