Rabu, 05 Maret 2014

Sepuluh Game Terbaik Sepanjang Masa Dari Electronic Arts

Telah lama Electronic Arts atau EA berkecimpung dalam dunia video game. EA menjadi salah satu developer dan publisher tersukses bersama berbagai perusahaan video lain. Dalam kurun waktu sekitar 20 tahun, telah banyak dirilis game EA terbaik dan tersukses. Bahkan beberapa diantaranya masih di rilis sekuelnya. Dalam artikel kali ini Paseban akan menuliskan daftar sepuluh game terbaik sepanjang masa dari EA.
 Game terbaik ini bukan merupakan versi dari pihak lain, melainkan versi Electronic Arts sendiri. Mereka telah mengumumkan puluhan game terbaik dan terpopuler yang mereka rilis baik sebagai pengembang (dari berbagai cabang EA internasional) maupun sebagai penerbit. Simak daftar selengkapnya, sepuluh game terbaik sepanjang masa EA sejak tahun 1987:

M.U.L.E
Yang masuk sebagai game EA terbaik sepanjang masa adalah M.U.L.E, sebuah game Turn based strategy yang dirilis pada tahun 1983. Electronic Arts bertindak sebagai penerbit karena Ozark Softspace bertindak sebagai pengembangnya. M.U.L.E saat itu dapat dimainkan pada berbagai platform seperti Atari 8-bit, Commodore 64, IBM PCjr, Nintendo Entertainment System, dan lain-lain. Bahkan saat ini sudah dirilis versi iOS. Game ini dianugerahi sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa oleh 1UP.com.


Madden NFL
Sebuah game sports garapan High Score Entertainment  dan diterbitkan oleh EA Tiburon. Madden NFL menghadirkan permainan American Football, dan pertama kali dirilis pada 1988 yang kala itu masih bernama John Madden Football. Terakhir Madden NFL 25 dirilis untuk konsol Next gen PlayStation 4 dan Xbox One. Seri ini sangat populer di Amerika Utara.

FIFA
Siapa gamer yang tidak mengetahui FIFA series? Ini adalah sebuah video game sepakbola terbesar dan terpopuler sejagat. FIFA pertama kali dirilis pada 1993 yang kala itu bernama FIFA International Soccer oleh EA Sports dan saat ini sudah hadir FIFA 14 untuk konsol Next gen dan PC. Seri FIFA telah terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia dan membuat EA semakin ‘kaya raya’. Pantaslah FIFA menjadi game terbaik EA sepanjang masa.


Need for Speed
Bagi Anda penggila kecepatan tinggi, Need for Speed menjadi game yang sangat cocok bagi Anda. Pertama kali seri ini rilis pada tahun 1994 untuk PlayStation 1, PC dan SEGA Saturn. Ada banyak cabang EA yang ikut andil dalam penggarapan Need for Speed, diantaranya adalah EA Canada, EA Seattle, EA BlackBox,  maupun developer lain. Pada tahun 2009 EA mengumumkan bahwa Need for Speed sudah terjual mencapai 140 juta kopi game sehingga dinobatkan sebagai game balap paling sukses.

Medal of Honor
Setelah berbagai game sports dan balap mendominasi, kali ini ada Medal of Honor yang menjadi salah satu FPS terbaik besutan Eelctronic Arts. Pertama kali dirilis pada 1999 dan kala itu digarap oleh Dreamworks Interactive dengan penerbitnya adalah EA pusat. Guinness World Records sempat menganugerahi seri Medal of Honor sebagai Best-selling FPS franchise. Namun saat ini Medal of Honor sudah kalah populer dibandingkan Call of Duty, Battlefield dan berbagai FPS lainnya.


Battlefield
Activision boleh memiliki Call of Duty, namun EA masih memiliki Battlefield yang selalu ditunggu-tunggu versi terbarunya. Pertama kali game ini dirilis pada 2002 dengan pengembangnya adalah EA Digital Illusion CE. Seri Battlefield setidaknya sudah terjual lebih dari 50 juta kopi di seluruh dunia sampai pada tahun 2012 dan terus meningkat seiring perilisannya untuk konsol Next gen  dengan Battlefield 4.

Crysis
Satu lagi FPS terbaik yang dimiliki Electronic Arts selain Medal of Honor dan Battlefield, yakni Crysis. Seri ini belum lama hadir, yakni baru sejak tahun 2007 dengan pengembangnya Crytex dan EA sebagai tim penerbit. Crysis pernah mendapatkan nilai atau skor mencapai 98% oleh media PC gamer AS di edisi 2007, tentu menjadikannya salah satu permainan nilai tertinggi yang pernah diberikan oleh kritikus sekelas PC Gamer.


SimCity
Bukan hanya game berat yang masuk jajaran game EA terbaik sepanjang masa. SimCity sebagai city building mampu menjadi salah satu game terpopuler di dunia. Pertama kali dirilis pada 1989 oleh Maxis sampai di akuisisi oleh Electronic Arts. Pernah menjadi best seller versi PC sampai tahun 2012.

NASCAR
Sebelumnya seri NASCAR pernah sangat populer pada versi NASCAR Rumble untuk PlayStation 1. Pertama kali waralaba ini dirilis pada1997 sebagai game racing. Sayangnya seri ini akhirnya dihentikan karena pemotongan anggaran EA untuk pengembangan serta berakhirnya kontrak dengan pihak NASCAR.


James Bond
Terakhir adalah James Bond yang sempat menjadi waralaba Electronic Arts dari tahun 1999 sampai 2006 sebelum akhirnya diakuisisi oleh Activision.  Diadaptasi dari sebuah film James Bond EA pernah cukup sukses menghadirkan game ini sehingga layak disebut sebagai game EA terbaik sepanjang masa. [ALX]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar